Selamat datang di Kios-Tutorial
Referral Banners

Resetter Epson L100

Friday, April 24, 20152komentar

Tinta Epson L100 - Bingung mau kasih judul apa. Yang jelas saya mau berbagi cara dan informasi seputar pengisian tinta pada printer Epson L100. Mungkin sekarang sudah tidak ada lagi printer epson dengan seri L100 dan L110. Tapi saya yakin yang masih mempunyai printer epson L100 dan masih berfungsi dengan baik cukup banyak. Karena seri ini adalah seri pertama keluaran Epson yang menyematkan tabung tinta atau istilahnya Infus Pabrik. 

Untuk saya sendiri memakai printer epson L100 sudah hampir 5 tahun, dan sampai sekarang tidak pernah mengalami kerusakan yang fatal seperti macet, tinta masuk angin, tinta bocor dan lain-lain yang sering dialami oleh printer-printer yang memakai infus tinta manual. Selama hampir 5 tahun saya hanya mengganti roller (penarik kertas) dan head printer saja. Itupun untuk Roller saya ganti setelah 3 tahun pemakaian dan untuk head print saya ganti setelah hampir 4 tahun pemakaian.

Untuk masalah tinta, selama ini saya terus memakai tinta original buatan epson yang khusus untuk seri L100. Namun belakangan ini ditempat saya sering telat untuk tinta epson seri L100 apalagi yang warna hitam. Terakhir saya beli harganya hampir 100 ribu per botol, itu dikarenakan banyaknya pemintaan dan kurangnya atau terlambatnya barang yang ada. Padahal harga biasa cuma 60 - 70 ribu perbotol, ini juga tergantung toko yang menjualnya.

kios-tutorialLalu saya mendapat berbagai masukan dan saran dari sesama pengguna Epson. Yang intinya "suruh ganti tinta dengan tinta biasa tapi harus tinta untuk printer epson". Namun hal ini pasti melanggar aturan-aturan yang di tetapkan oleh pihak Epson. Karena jika kita mengisi tinta printer epson mulai seri L100 sampai seri seterusnya, maka garansi resmi dari Epson akan hangus. Tapi itu kan yang masih dalam jangka waktu garansi. Untuk yang garansi resminya sudah habis seperti saya sekarang ini, tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru untuk mengganti tinta original epson dengan tinta biasa buat epson yang harganya mungkin sekitar 20-30 ribu per botol.

Akhirnya saya beli tinta biasa dengan harga 30 ribuan dan langsung saya isi ke tabung. Dan alhamdulillah printer masih bisa jalan dengan lancar jaya (pernah denger kalau ada yang macet setelah di isi tinta biasa). Tapi masalah ke dua muncul yaitu lampu indikator yang warna merah masih tetap menyala, itu tandanya printer masih membaca kalau tinta ada yang habis (mungkin untuk seri L120 ke atas sudah tidak).

Kemudian saya mencari informasi kesana kemari dan menemukan program untuk mereset tabung tinta pada epson. Gak pakai lama saya download itu program dan langsung saya instal, hasilnya memang WWOOOWW . . . .. . sekarang lampu indikator kehabisan tinta sudah mati meskipun kita tidak mengisikan serial number pada saat pengisian tinta.

Untuk langkah-langkahnya silahkan simak di bawah ini :
  1. Download WicReset bagi yang belum punya, lalu ekstrak.
  2. Instal wicreset sampai selesai.
  3. Jangan lupa, printer harus nyala atau ON.
  4. Jalankan WicReset yang sudah terinstal.
  5. Tunggu beberapa saat sampai daftar printer muncul disebelah kiri. (lihat gambar)
  6.  
    kios-tutorial
  7.  Pilih printer yang akan di reset tintanya, lalu klik Reset Ink Level
  8.  Tunggu hingga proses selesai
  9. Matikan printer lalu hidupkan kembali printer, maka lampu indikator tinta habis akan mati dan indikator tinta akan kembali full tanpa harus mengisikan SN.
Catatan!
WicReset hanya bisa untuk Epson seri L100, L200 dan L800.
Untuk menggunakan WicReset, tinta harus dalam keadaan kosong (ada tanda seru atau lampu indikator tinta nyala).
Lakukan pengisian tinta biasa setelah masa garansi sudah habis.
Semoga artikel di atas bermanfaat buat kita semua, kalau ada pertanyaan seputar reset ink level silahkan berkomentar pada kolom yang sudah disediakan.

Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel

Resetter Epson L100

Tutorial Tips & Trik Photoshop | Illustrator | Cinema 4D | Blog & Seo

Share this article :

+ komentar + 2 komentar

April 25, 2015 at 5:09 PM

Mantab nih gan komentarnya :)

April 25, 2015 at 6:14 PM

terima kasih mas #elang sudah mampir kesini

Post a Comment

- Maaf, komentar LINK AKTIV / IKLAN akan saya HAPUS
- Komentar sara / spam akan saya hapus
- Jika ada link gambar yang mati laporkan disini
- Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan artikel
- Komentar anda merupakan undangan buat saya

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2013. Tutorial Tips & Trik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Re-Design by Kios
Proudly powered by Blogger