Selamat datang di Kios-Tutorial
Referral Banners

Cara Mengecilkan Ukuran File Excel Yang Besar

Sunday, October 11, 20152komentar

Selamat siang sobat kios-tutorial, lama sekali saya tidak menulis artikel di blog ini. Masih disibukkan dengan urusan dunia nyata. He-he-he .........
Beberapa waktu yang lalu seorang teman datang ke rumah dengan niat ingin nge-print beberapa data yang dibuat menggunakan microsoft excel. Tanpa curiga sayapun langsung menancapkan flashdisk ke komputer dan mulai membuka file yang akan di print. Pada awalnya saya tidak begitu curiga karena memang pada saat itu saya sedang membuka beberapa program dalam satu komputer. Namun setelah saya akan melakukan perbaikan pada data-data tersebut yang letaknya pada halaman terakhir barulah saya sadar kalau file tersebut tidak normal, karena saat saya mulai melakukan scroll ke bawah menggunakan mouse benar-benar berat sekali jalannya alias LOLA.

www.kios-tutorial.tkAkhirnya saya terpaksa menutup paksa file tersebut. Lalu saya periksa ukuran file tersebut, ternyata cukup membuat saya kaget. Karena untuk ukuran data, baik itu data dari wicrosoft word maupun microsoft excel besarnya tidak akan bengkak seperti ini. Sedangkan file-file yang ada dalam flashdisk tersebut rata-rata mempunyai besar 300 - 500Kb. Bisa kita bayangkan ...... masak ukuran foto atau image kalah dengan ukuran data tersebut Ha-ha-ha-ha .....

Kemudian saya buka satu persatu file yang punya ukuran besar tersebut. Dan dengan beberapa langkah, akhirnya file tersebut bisa kembali ke ukuran semula atau ukuran standart yaitu 20 - 100k saja. Kebetulan saya memakai Microsoft Office 2010. Bagi yang memakai selain Office 2010 caranya sama, hanya saja tempatnya mungkin yang berbeda. Langsung saja cekibrot caranya di bawah ini !

Mengecilkan Ukuran File Excel

1. Buka file / data excel yang berukuran tidak wajar
2. Pada menu HOME, pilih bagian Find & Select di sebelah kanan atas. Lalu pilih Go To Special .....
kios-tutorial.tk

3. Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, dan pilih Object
kios-tutorial.tk

4. Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini
kios-tutorial.tk


5. INGAT ! Kalau ada tanda tersebut dan ternyata itu penting jangan di hapus. Jika data yang ada tanda tersebut tidak penting silahkan hapus semua.
6. Setelah itu silahkan di save ulang, lalu lihat apa ukuran filenya sudah berubah ? saya yakin pasti berubah menjadi normal.

Sekarang kita bisa melakukan editing atau keperluan yang lain dengan cepat, karena file sudah berjalan dengan normal. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat buat kita semua. Jangan lupa baca juga : Cara Membuka Proteksi Sheet Excel.


Share this article :

+ komentar + 2 komentar

October 17, 2015 at 5:01 PM

ukurannya jadi kecil ya mas :D

October 18, 2015 at 10:29 AM

@Ibrahim M.Pd.I
iya mas Ibrahim M.Pd.I
jadi kembali ke ukuran standar ....

Post a Comment

- Maaf, komentar LINK AKTIV / IKLAN akan saya HAPUS
- Komentar sara / spam akan saya hapus
- Jika ada link gambar yang mati laporkan disini
- Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan artikel
- Komentar anda merupakan undangan buat saya

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2013. Tutorial Tips & Trik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Re-Design by Kios
Proudly powered by Blogger