Selamat datang di Kios-Tutorial
Referral Banners

Mengganti Template Blog Dan Akibatnya

Saturday, June 6, 20152komentar

Ganti Template Blog - Selamat sore menjelang malam. Dahulu kala sewaktu blog ini dibuat, template yang dipakai adalah default bawaan dari blogspot. Dan sering gonta-ganti template, tapi masih dari bawaan blogspot. Karena saya sendiri tidak paham betul apa itu kode html, soalnya basic saya bukan disitu. Tapi lama-lama bosen juga dengan tampilannya, sedangkan mereka-mereka yang sudah lebih dulu terjun dalam dunia perbloggeran memiliki template blog yang asik. Akhirnya saya mencoba download beberapa stok template untuk dijadikan referensi. Dengan modal nekad, akhirnya blog ini saya ganti templatenya hasil dari download tersebut.

Dengan tekad ingin bisa (meskipun belum paham), saya utak-atik template tersebut. Akhirnya hancur pula tampilan blog ini. Saya kembalikan lagi ke template bawaan blogspot. Lalu saya berburu template baru untuk stok. Kemudian template-template tersebut saya coba satu-persatu. Sampai akhirnya hati saya terpikat dengan template Johny Wuss Asli. Dengan hati-hati saya utak-atik script yang ada pada template tersebut. Alhamdulillah, selama hampir dua tahun blog ini memakai template johny wuss asli dan hasilnya memuaskan.
Catatan! Blog ini gonta-ganti template sebelum punya trafik
Sampai pada akhirnya kira-kira belum ada satu minggu yang lalu, saya menambahkan suatu script baru dan menghapus beberapa script yang lama. Namun yang namanya manusia tidak ada yang sempurna, karena saya lupa mem-back up template johny wuss asli. Dan mengakibatkan hancurnya tampilan blog ini. Sudah saya coba beberapa cara untuk mengembalikan script yang hilang tersebut namun hasilnya nihil, tampilan blog ini tetap hancur. Kemudian saya mencari informasi tentang akibat yang timbul jika mengganti template blog yang sudah mempunyai trafik lumayan, salah satunya kepada juragancipir.com yang sudah pasti si empunya mempunyai jam terbang cukup lama dalam dunia blogging dibandingkan saya.
Mengganti Template Blog Dan Akibatnya

Efek Negatif Dan Positif Jika Blog Ganti Template

  1. Trafik blog menurun (estimasi waktu belum jelas)
  2. Pengunjung bisa saja tidak suka atau sebaliknya dengan tampilan baru blog tersebut
  3. Membuang waktu, karena harus edit script sana-sini
  4. Loading blog berubah berat atau sebaliknya
  5. Harus menunggu search engine untuk membiasakan diri dengan tampilan baru blog kita
Dengan efek seperti di atas, sebenarnya saya enggan untuk mengganti template blog kios-tutorial. Tapi mau gimana lagi, nasi sudah menjadi bubur. Mau tidak mau saya harus mengganti template blog ini. Setelah beberapa hari berjalan, efek negatif yang saya rasakan adalah poin 1 dan poin 3. Sedangkan poin 2 dan 5 saat ini belum diketahui, karena masih dalam proses monitoring. Sedangkan efek positif yang saya rasakan adalah blog ini menjadi fast loading.
Kesimpulan yang bisa kita ambil dari corat-coret saya di atas adalah "jika blog sudah mempunyai trafik yang lumayan, jangan sekali-kali mengganti template blog tersebut kalau tidak terpaksa. Usahakan menentukan pilihan template sebelum ada artikel yang di plublish".

Kalau berminat dengan template ini, kunjungi johnytemplate.blogspot.com atau creatingwebsite-maskolis.blogspot.com yang sudah terkenal dengan template-template hebatnya. Sedangkan untuk tampilan blog ini menarik atau tidak menarik, saya serahkan sepenuhnya kepada sobat blogger untuk menilainya.
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

June 8, 2015 at 3:10 AM

Ya sama bos, saya juga masih suka gonta ganti blog

June 8, 2015 at 11:25 PM

@Samsudin Syamsu

kalau gonta ganti blog saya setiap saat mas hahahahah

klo gonta ganti template baru skali ini, wah . . bener2 nyiksa akibatnya

terima kasih sudah tersesad dimari mas @samsudin

Post a Comment

- Maaf, komentar LINK AKTIV / IKLAN akan saya HAPUS
- Komentar sara / spam akan saya hapus
- Jika ada link gambar yang mati laporkan disini
- Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan artikel
- Komentar anda merupakan undangan buat saya

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2013. Tutorial Tips & Trik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Re-Design by Kios
Proudly powered by Blogger