Selamat datang di Kios-Tutorial

4 Tutorial Ringan Adobe Photoshop

Sunday, December 1, 20130 komentar

4 Tutorial Ringan Adobe Photoshop
Sebagai aplikasi pengolah gambar yang sudah diakui oleh dunia, photosop memiliki banyak fitur-fitur kecil yang mungkin kita tidak tahu atau belum tahu akan keberadaan fitur tersebut. Dalam kesempatan ini saya akan memberikan beberapa tips dan trik untuk mempermudah atau mempersingkat pekerjaan mengolah foto.

1) Memperbesar atau Memperkecil Diameter Brush

Dalam mengerjakan atau mengolah sebuah foto saya yakin kita tidak lepas dengan tool yang satu ini, yaitu BRUSH. Dalam prosedural yang ada, jika kita ingin merubah diameter brush harus melalui klik kanan kemudian kita geser ke kiri atau ke kanan pada panel brush.
Tapi dengan cara ini kita dapat dengan cepat mengatur diameter brush sesuai keinginan kita. Langsung saja lihat gambar di bawah beserta keterangannya.

4 Tutorial Ringan Adobe Photoshop

Keterangan :
"[" = untuk memperkecil ukuran diameter brush
"]" = untuk memperbesar ukuran diameter brush

Untuk memperbesar atau memperkecil diameter, langsung aja tekan tombol seperti pada gambar di atas. Dan kita bisa lihat hasilnya dengan instan tanpa harus klik "OK" untuk mengetahui hasilnya.



2) Mengatur Opacity Dengan Mudah

Dalam mengatur opacity sebuah gambar kita perlu menggunakan mouse dan menggeser atau mengganti angka opacity yang berada di panel Layer. Tapi dengan cara ini kita hanya butuh sentuhan lembut jari-jari kita he he he.
Langsung aja ya sob, kita pake angka dari 0 - 9 dan gabungan dari kedua angka tersebut, misal 14, 43, 57 dan seterusnya. Untuk angka 0 akan menghasilkan Opacity 100%, untuk angka 1 akan menghasilkan Opacity 10% dan seterusnya.
Jika kita mau Opacity selain kelipatan 10 seperti di atas, kita hanya perlu menekan dua angka misalnya kita mau Opacity 23%, tinggal kita tekan angka 2 + 3. Atau pengen Opacity 57, kita tinggal tekan angka 5 + 7.

4 Tutorial Ringan Adobe Photoshop

Tapi ada syaratnya sob, gambar yang akan kita atur harus berbentuk Layer alias bukan Background.


3) Layer Baru Di Bawah Layer Aktif


Yang namanya photoshop, pasti tidak akan lepas dari bermain layer. Tapi setiap kali kita membuat "new layer" pasti muncul di atas layer aktif. Padahal belum tentu layer baru tersebut posisinya memang harus di atas layer aktif.

4 Tutorial Ringan Adobe Photoshop
Nah, kalau kita mau posisi new layer langsung berada di bawah layer aktif tanpa harus menggeser posisi layer tersebut caranya adalah dengan menekan "CTRL + NEW LAYER". Otomatis layer baru akan berada di bawah layer aktif.
4 Tutorial Ringan Adobe Photoshop


4) Zoom Gambar Menggunakan Alt + Mouse Scroll

Untuk zoom gambar biasanya kita klik Icon zoom di panel toolbar sebelah kiri bawah. Tapi dengan cara ini kita bisa melakukan zoom out atau zoom in tanpa menekan Icon tersebut. Lihat gambar di bawah ini :
4 Tutorial Ringan Adobe Photoshop
Hanya dengan menahan tombol ALT pada keyboard dan dengan menggeser SCROLL pada mouse ke depan dan ke belakang  kita bisa melakukan zooming dengan mudah.

Bagaimana sob, mudah bukan tutorial ringan yang saya berikan di atas ?
Semoga tutorial ringan di atas bisa di terima para pembaca semuanya. Maaf kalau kata-katanya kurang bisa di pahami, maklum masih belajar blogging.

Silahkan di share tutorial ringan adobe photosop di atas kalau sekiranya berguna dan bermanfaat.
Sampai jumpa pada tutorial-tutorial selanjutnya.
Share this article :

Post a Comment

- Maaf, komentar LINK AKTIV / IKLAN akan saya HAPUS
- Komentar sara / spam akan saya hapus
- Jika ada link gambar yang mati laporkan disini
- Berkomentarlah dengan bijak sesuai dengan artikel
- Komentar anda merupakan undangan buat saya

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2013. Tutorial Tips & Trik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Re-Design by Kios
Proudly powered by Blogger